Healthy

Say ‘No’ to Bau Badan

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione.

Photo: Shutterstock

Wanita mana sih yang mau bau badan? Pastinya wanita ingin selalu tampil fresh dan wangi kan. Tapi tak jarang beberapa wanita justru memiliki bau badan yang mengganggu.

Saat tubuh melakukan banyak aktivitas, secara alami tubuh akan menghasilkan keringat untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Namun jika keringat yang dihasilkan terlalu berlebih justru akan menghasilkan bau badan yang tidak sedap. Bau badan akan sangat menganggu aktivitas dan dapat merusak kepercayaan diri seorang wanita. Orang yang sering mengalami bau badan biasanya akan sulit berbaur di keramaian karena bau tidak sedap tersebut akan tercium orang lain dan dapat mengganggu orang di sekitarnya.

“Bau apa nih? Kayanya bau badan dia deh! Ihhh…”

Dalam dunia medis, bau badan (BB) dikenal juga dengan istilah bromhidrosis. Meski bau badan sering muncul saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, tapi penyebab bau badan yang sesungguhnya adalah bakteri. Keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam. Bakteri yang sering menyebabkan bau badan adalah anaerobik. Bakteri ini dapat berkembang biak melalui keringat sebagai medianya. Bau badan muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit kamu. (halodoc.com)

Penyebab bau badan pada wanita juga bisa terjadi karena berbagai hal, yaitu:

  1. Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas biasanya cenderung memiliki bau badan. Hal ini karena orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Area tersebut biasanya hangat, beruap, dan gelap, sehingga bakteri penyebab bau badan bisa berkembang dengan pesat di sana. Akibatnya, bau tidak sedap pun muncul.

 

  1. Tingkat Stres yang Tinggi

Penelitian yang dilakukan oleh American Physiological Association menyebutkan wanita lebih rentan mengalami stres dibandingkan pria. Sebab, wanita memiliki gangguan fisik dan emosional yang lebih besar. TStres juga merupakan salah satu penyebab krusial timbulnya masalah bau badan.

 

  1. Makanan yang Dikonsumsi

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memengaruhi aroma tubuhmu girls. Nutrisi yang terkandung dalam makanan memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa makanan tertentu juga mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan bau badan. Bawang merah, bawang putih, dan kari adalah penyebab bau badan yang paling populer karena rempah-rempah tersebut mengandung zat alisin. Brokoli, kubis, brussels dan sayuran lainnya yang termasuk dalam keluarga cruciferous, ternyata juga bisa membuat keringat yang dihasilkan tubuh berbau tidak sedap. Hal itu akibat kandungan sulfur dan sulfida yang terdapat di dalamnya.

 

  1. Masa Kehamilan

Kehamilan merupakan momen spesial yang pasti ditunggu-tunggu oleh semua wanita menikah. Namun, wanita hamil juga lebih rentan mengeluhkan masalah bau badan. Hal ini karena saat hamil tubuh akan memproduksi hormon estradiol yang dapat menimbulkan bau menyengat pada tubuh. Selain itu, wanita hamil juga lebih mudah berkeringat karena adanya peningkatan suhu tubuh.

 

  1. Penyakit dalam tubuh

Terkadang, munculnya keringat berlebih juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, salah satunya seperti diabetes. Pengidap diabetes tingkat tinggi biasanya sudah kesulitan mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Nah, proses ini akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak. Selain diabetes, penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan BB, antara lain gagal ginjal, kadar gula darah rendah, liver, dan disfungsi metabolisme.

 

Bagi wanita yang sudah melakukan banyak hal tetapi belum bisa terlebas dari bau badan. Berikut cara terbaik yang mudah banget untuk dilakukan dan harus dijalani secara konsisten.

 

  1. Mandi Secara Teratur (Min 2x sehari)

Membersihkan badan dengan mandi akan menjadi langkah mudah untuk mengatasi bau badan. Bau badan yang disebabkan oleh bakteri akan menghilang saat terkena kandungan surfaktan pada sabun. Macam-macam surfaktan ada sodium lauryl sulphate, sodium palmate, dan lain-lain. Dengan membiasakan mandi secara teratur minimal2x sehari saat di pagi hari dan juga sore atau malam hari dapat membuat tubuh bersih dari berbagai bakteri dan kotoran sehingga dapat menghilangkan bau pada badan. Gunakan sabun yang tepat, agar bau badan benar-benar bisa dicegah dengan baik.

 

  1. Gunakan Pakaian yang dapat menyerap keringat

Pakaian yang kita gunakan juga memperngaruhi bau badan kita loh girls. Saat cuaca panas tubuh akan mengeluarkan banyak dan menjadi pemicu utama timbulnya bau badan, terutama di saat cuaca panas. Cobalah untuk selalu menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga tubuh tetap nyaman dan tidak basah karena keringat. Macam-macam bahan pakaian yang dapat meyerap keringat yaitu katun, rayon, linen, sutera, viscose, dan wool.

 

  1. Kosumsi buah yang mengandung banyak serat

Buah yang mengandung banyak serat akan membantu pecernaan dalam mengelola makanan. Pencernaan yang tidak lancar bisa saja memicu timbulnya bau badan. Hal ini karena adanya tumpukan lemak yang dapat membuat tubuh lebih banyak berkeringat. Untuk itu, cobalah konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat seperti, pisang, pepaya, alpukat, mangga, apel,dsb. Jika pencernaan lancar, maka lemak berlebih di bagian tubuh tentu bisa diatasi dan sekaligus bau badan juga dapat dihindari.

 

  1. Rajin Minum Air Putih

Dibandingkan pria, sebagian besar wanita memiliki tingkat aktivitas berat yang lebih rendah. Itu sebabnya, proses pengeluaran keringat juga lebih terbatas. Padahal, keringat sangat dibutuhkan untuk mengeluarkan bakteri jahat yang ada pada kulit dan pori-pori tubuh. Salah satu cara untuk memperbanyak produksi keringat adalah dengan rajin mengonsumsi air putih.

 

  1. Pelajari Teknik Relaksasi

Stres merupakan salah satu penyebab paling tinggi masalah bau badan pada wanita. Oleh karena itu, seorang wanita harus cerdik mengontrol emosi dan pikiran. Salah satu caranya adalah dengan melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau biofeedback alias teknik mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

 

  1. Gunakan Body Mist sebagai solusi untuk melawan bau badan

Dibanding deodorant yang dapat membuat ketiak menjadi hitam, body mist mampu memberi wangi yang lebih aman dan nyaman dikulit. Body Mist terdapat kandungan Ekstrak dari bunga dan buah sereta kandungan vitamin yang ada di dalamnya akan memberikan nutrisi pada kulit dan menggurangi tubuh lepek, berkeringat, atau terlalu lama terpapar debu dan polusi. Untuk wanita yang memiliki aktivitas yang padat Lovana Body Mist – Me series sangat cocok untuk di gunakan setiap hari. Lovana body mist mempunyai wangi yang sangat fresh, tidak lengket di kulit dan tahan lama, sehingga kamu dapat menjalani hati-hari dengan percaya diri.

 

Berbagai series Lovana dapat dilihat di https://www.instagram.com/lovanaid/

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu girls.. Akan ada banyak informasi seputar permasalahan Wanita di Lovana Girls. Keep stay tune 🙂

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top